Jangan Takut Gelap

Hai kawan jangan takut jangan resah

Bila lampu kamar mulai dipadamkan

Ku kan slalu menyanyikan lagu ini

Bila nanti kau tertidur berslimut mimpi

Hm….rekans tau kan lirik ini? Sebuah lirik yang mengingatkan kita pada bocah kecil Tasya yang lucu dan imut (bukan yang digambar lho…^^) memberikan nasehat pada kita kalau mau tidur jangan nyanyi2 sendiri(maksudnya??), he….becanda.

Gini, tulisanku kali ini akan berkisah tentang gelapnya kamar saat tidur, maksudnya adalah manfaat kalau kita tertidur dengan kondisi gelap (lampu tidak menyala).

Hal ini bermula dari obrolanku dengan teman kerja. Awalnya, kita bahas tentang cara pemasangan lampu, trus beralih ke lampu-lampu yang bermerk dengan kualitas Ok punya, trus beralih lagi ke topik tidur dengan kondisi lampu menyala (hupfhhh…dasar ibu-ibu, kalau dah kumpul ya ngobrolnya ngalor-ngidul :D). Jadi intinya yang mau diambil disini bahwa, temenku itu  tidak akan bisa tidur kalau lampu menyala. Dia akan merasa gelagapan saat bangun jika lampunya dimatikan, banyak nyampuk kalau gelap dan merasa seram atawa takut kalau-kalau ada “uha-uha” (silakan terjemahin sendiri).

Aku teringat juga akan kisahku saat Mabit di sebuah Masjid Kampus disudut kota (lebih tepatnya sekarang Kabupaten) Bandung. Dimana saat itu malam telah larut, tapi masih saja ada perdebatan tentang mematikan lampu atau tidak diantara para akhwat tersebut.

“Nanti kalau ga dimatikan, bisa keliatan dari luar gimana? Kan ga ahsan” sebuah suara terdengar.

“Ukh, kalau gelap bagaimana dengan peserta yang merasa dadanya sesak kalau gelap? Kan kasian tuh” yang lain menimpali.

“Lagian, nanti yang ada juga pada ngobrol kalau lampunya ga dimatiin. Setidaknya mereka langsung diem, mendengkur kalau gelap, hehehe” masih dengan sumber yang sama.

“Hm…. Ya udah deh, yang ga bisa tidur kalau lampunya dimatiin, kita pisahin aja”

Alhasil, beberapa akhwat yang tidak suka gelap terpisah dari teman-temannya dan mojok disudut ruangan yang masih terkena cahaya lampu dari luar (kasian banget yah).

So, nyambung ga dengan prolog diatas? Ya tentu nyambung dong. Banyak orang yang merasa kesulitan tidur saat lampu dimatikan, dengan beberapa alasan yang dikemukakan diatas tentunya. Jadi penasaran, apa sih manfaat tidur dalam nuansa gela dan apa bahayanya kalau lampu menyala. Setelah minta pendapat ke Mbah Google, dan menemukan artikel dari beberapa sumber, berikut cuplikannya :

“Anak-anak yang tidur dengan lampu menyala beresiko mengidap leukemia. Para ilmuwan menemukan bahwa tubuh perlu suasana gelap dalam menghasilkan zat kimia pelawan kanker. Bahkan ketika menyalakan lampu toilet, begadang, bepergian melintas zona waktu, lampu-lampu jalanan dapat menghentikan produksi zat melatonin.

Tubuh memerlukan zat kimia untuk mencegah kerusakan DNA dan ketiadaan zat melatonin tersebut akan menghentikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya.

Prof. Russle Reiter dari Texas University yang memimpin penelitian tersebut mengatakan “Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak Anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun”.

Jumlah anak-anak pengidap leukimia naik menjadi dua kali lipat dalam kurun 40 tahun terakhir. Sekitar 500 anak muda dibawah 15 tahun didiagnosa menderita penyakit ini pertahun dan sekitar 100 orang meninggal.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia diadakan di London menyatakan bahwa orang menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur dimalam hari dibanding dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.

Hal ini menekan produksi melatonin dimana normalnya terjadi antara jam 9 malam s/d jam 8 pagi. Penelitian terdahulu telah menunjukkan bahwa orang-orang yang paling mudah terserang adalah para pekerja shift yang memiliki resiko terkena kanker payudara.

Pada kenyataannya, Orang-orang buta tidak rentan terhadap melatonin memiliki resiko yang lebih rendah mengidap kanker. Maka para orang tua disarankan utk menggunakan bola lampu yang suram berwarna merah atau kuning jika anak-anaknya takut pada kegelapan.” (http://apakabardunia.com)

Dari tadi banyak kata-kata melantonin, apa sih melantonin itu? Dari pencarian di mbah Google juga, didapatkan hasilnya, bahwa :

“Hormon melatonin adalah zat yang dihasilkan oleh kelenjar pineal didalam otak dan pembentukannya akan dipicu oleh gelap. Kadarnya paling tinggi ditemukan menjelang pagi hari sekitar jam 02 00 – 04 00 dan paling rendah di sore hari. Hormon ini mengatur mengatur bioritme atau irama tubuh dalam hal pengaturan tidur. Ini juga menjawab kenapa orang bertambah usia semakin sedikit tidurnya, karena hormon melatonin ini alamiah akan mengalami penurunan sejalan dengan bertambahnya usia manusia biasanya akan mengalami penurunan yang drastis sekitar usia 40 tahun sehingga dengan menurunnya hormon ini maka kualitas tidurpun akan menurun dan dampak yang sering dialami adalah irama tidur akan berubah kadang mengalami kesulitan tidur. Manfaat lain melatonin adalah sebagai anti oksidan yang larut dalam lemak dan air, meningkatkan imun tubuh menimbulkan relaksasi otot dan membantu meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan. Jadi sebaiknya kalau tidur lampu dimatikan agar bisa memaksimalkan produksi melatonin. “ (http://hartadi.com)

Nah….rekans, kesimpulan akhir dari dokter Hartadi tersebut adalah sebaiknya tidak tidur setelah subuh (ups, maaf ga nyambung). Kesimpulan mah bisa diambil masing-masing, sesuai dengan tingkat kecerdasan dalam menyimpulkan (muter-muter lagih !).

Oke deh, satu lagi. Ada pesan penting juga yang disampaikan Tasya dalam lagunya, yaitu :

Berdoalah sebelum kita tidur

Jangan lupa cuci kaki tanganmu

Jangan lupa doakan mama papa kita

Hoaaahm….jadi ngantuk….  -_-

Wassalam….

Iklan

1 Komentar (+add yours?)

  1. Shafiqah Treest
    Mei 12, 2010 @ 09:23:56

    assalamu’alaikum …

    ^_^

    Balas

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: