Sebuah Dialog Selepas Malam

“Akhi, dulu ana merasa semangat saat aktif dalam dakwah. Tapi belakangan rasanya semakin hambar. Ukhuwah makin kering. Bahkan ana melihat temyata ikhwah banyak pula yang aneh-aneh.”

Begitu keluh kesah seorang mad’u kepada murabbinya di suatu malam. Sang murabbi hanya terdiam, mencoba terus menggali semua kecamuk dalam diri mad’unya.

 “Lalu, apa yang ingin antum lakukan setelah merasakan semua itu?” sahut sang murabbi setelah sesaat termenung.

 “Ana ingin berhenti saja, keluar dari tarbiyah ini. Ana kecewa dengan perilaku beberapa ikhwah yang justru tidak Islami. Juga dengan organisasi dakwah yang ana geluti; kaku dan sering mematikan potensi anggota-anggotanya. Bila begini terus, ana mendingan sendiri saja..”

Jawab mad’u itu. Sang murabbi termenung kembali. Tidak tampak raut terkejut dari roman wajahnya. Sorot matanya tetap terlihat tenang, seakan jawaban itu memang sudah diketahuinya sejak awal.

Lagi

Dear My Big Boss

Dear Allah,
Hai Rabb, hehehe… Sepertinya basa-basi udah ngga perlu lagi yah kalo ber-urusan denganMu. Kabarku baik, lebih sehat dari kemarin. Thanks banget ya Rabb udah kasih cobaan ke aku hari-hari terakhir ini.

Awalnya kupikir bakal berat banget ngelewatinnya. Tapi emang dasar Dikaw Maha Pemurah, aku dikasih segudang sahabat yang super baik untuk menemaniku di kala susah dan senang, dikasih hati yang kuat dan tahan banting, dikasih raga yang sehat dan ngga gampang nyerah, dikasih ortu yang bawel tapi tetep pengertian dan segudang berkah lain yang membuatku bertahan terus sambil menikmati cobaanMu.

Lagi

Kepadamu Penerus Estafeta Dakwah

“Aslmkm. Adik2 teteh yg Sholihah….Gmn Shaum Ramadhannya?Smg tetep semangat yah…!!! oya, jangan lupa bsok mentoring Rohis yah..Utk kls X : jm9.30, Utk kls XII : jm12.30”

Pagi itu pesan elektronik singkat kulayangkan buat adik-adik ku tercinta. Hm, semangat baru kudapatkan ketika kulihat binar matanya yang mengatakan haus akan ilmu, dan sunggingan senyum nya yang menandai bahwa mimpi itu kan dirajut indahnya, bersama mentari yang kan terus menyapa hari-hari dimasa muda nya.

Lagi